Kamis, 24 Mei 2012

jika posisi PR dalam menghadapi masalah dalam perusahaan


Posisikan Anda sebagai Humas perusahaan yang harus menjadi juru bicara perusahaan.
1. Sebuah penelitian yang dilakukan secara random mengindikasikan adanya kandungan berbahaya dalam susu  “Milkies” produksi perusahaan Anda. Bagaimana  perusahaan Anda menanggapi hal ini?
Jawab : Saya sebagai Humas perusahaan ini, belum bisa memberikan tanggapan bahwa pernyataan ini benar atau salah. Perusahaan kami akan melakukan tes terhadap produk kami di bawah naungan BPOM sebagai lembaga pengawas produk makanan karena bisa saja penelitian yang mengisukan bahwa produk kami mengandung zat berbahaya tidak di naungi  oleh lembaga yang berkaitan dan bisa saja hanya isu belaka. Setelah itu, jika hasil tes tersebut sudah ada maka perusahaan kami akan melakukan koferensi pers untuk menjelaskan kepada masyarakat luas. Apapun hasil test itu, kami akan menginformasikan kepada masyarakat.
2. Langkah-langkah apa yang dilakukan perusahaan untuk mengatasi hal ini ?
Jawab : 1. Meminta masyarakat untuk jangan resah, karena berita tersebut belum tentu benar.
            2. Melakukan uji test kelayakan produk untuk memastikan kandungan tersebut.
3. Memberikan wewenang kepada lembaga BPOM dalam penyelidikan bahan kandungan produk perusahaan kita.
4. Melakukan konferensi pers untuk menginformasikan dan klarifikasi atas yang peristiwa yang terjadi.
3. Bagaimana pertanggungjawaban saudara terhadap konsumen?
Jawab : Pertama-tama saya sebagai Humaa perusahaan ini memohon maaf kepada masyarakat luas terutama konsumen produk kami. Kemudian kami akan mengganti kerugian konsumen dalam bentuk apapun.
4. Jaminan apa yang dapat diberikan perusahaan agar konsumen dapat aman mengkonsumsi produk anda?




Jawab : Perusahaan  kami akan mencantumkan dengan jelas kandungan bahan yang terdapat dalam produk kami di dalam kemasan maupun dalam proses iklan. Dan kami akan jelas mencatumkan label lulus produksi dari BPOM.
5. Langkah apa yang akan Anda lakukan untuk meyakinkan masyarakat untuk kembali memakai produk Anda?
Jawab :  Kami akan mempromosikan kembali produk kami, agar masyarakat mengetahui bahwa produk kami ini aman untuk di konsumsi. Membuat iklan dengan menampilkan pakar ilmiah untuk membuat masyarakat tidak takut lagi memproduksi produk kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar