Kamis, 28 Juni 2012

proposal stan Pekan Raya Jakarta 2012

PROPOSAL PAMERAN PRODUK PT SIDO MUNCUL
PEKAN RAYA JAKARTA 2012
Kemayoran, Jakarta Pusat, 20 Juni 2012

I.               LATAR BELAKANG
                        PT Sido Muncul adalah pabrik jamu tradisional dengan menggunakan mesin-mesin mutakhir. Berdiri pada tahun 1940 di Yogyakarta, dan dikelola oleh Ny. Rahkmat Sulistio, Sido Muncul yang semula berupa industri rumahan ini secara perlahan berkembang menjadi perusahaan besar dan terkenal seperti sekarang ini.
              Pada tahun 1951, keluarga Ny. Rahkmat Sulistioningsih pindah ke Semarang, dan     di sana mereka mendirikan pabrik jamu secara sederhana namun produknya diterima masyarakat secara luas. Karena semakin bersarnya usaha keluarga ini, maka modernisasi pabrik juga merupakan suatu hal yang mendesak.
Pada 1984, PT. Sido Muncul memulai modernisasi pabriknya, dengan merelokasi pabrik sederhananya ke pabrik yang representatrif dengan mesin-mesin modern.
Pada 11 November 2000, PT Sido Muncul kembali meresmikan pabrik baru di Ungaran yang lebih luas dan modern. Peresmian dilakukan oleh Menteri Kesehatan waktu itu, dan pada saat itu pula PT Sido Muncul memperoleh 2 penghargaan sekaligus, yakni Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT. SidoMuncul sebagai salah satu pabrik jamu berstandar farmasi. Lokasi pabrik sendiri terdiri dari bangunan pabrik seluas 7 hektar, lahan Agrowisata ,1,5 hektar, dan sisanya menjadi kawasan pendukung lingkungan pabrik.
Pada tanggal 10 Pebruari 2010 telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik bahan baku herbal seluas 3.000 m2. Logo Jamu Sido Muncul yang berupa ibu dan anaknya adalah gambar Ny. Rahkmat Sulistio, pendiri Jamu Sido Muncul beserta cucunya, Irwan Hidayat, saat itu berusia 4 tahun. Irwan Hidayat sejak tahun 1972 sampai sekarang adalah Presiden Direktur PT Sido Muncul.
Sido Muncul sebagai perusahaan jamu terdepan dibidangnya sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya dalam pengadaan produk-produk berbahan alam. Laboratorium R&D-nya telah mengantongi sertifikat ISO 17000 yang merupakan Standarisasi dunia Internasional bahwa penelitian yang dilakukan di dalamnya mendapat pengakuan dan pengesahan dunia Internasional.
Sido Muncul bahkan telah memperoleh sertifikat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), yang biasa diberikan kepada perusahaan berstandard farmasi, disamping sertifikat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk perusahaan jamu yang memenuhi syarat.
Penghargaan ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award) dan Best Brand Award yang berhasil diraih setiap tahunnya, membuktikan bahwa Sido Muncul selalu menjaga kualitas dan mengedepankan inovasi.
Dengan terpilihnya Sido Muncul sebagai perusahaan teladan “Cara Baik Bung Hatta” pada tahun 2002 dan perusahaan penerima Kehati Award 2001 dengan kategori perusahaan peduli lingkungan semakin mengukuhkan bahwa Sido Muncul adalah perusahaan yang peduli dan berkomitmen.
Maka, dengan dukungan penuh dari Sido Muncul, IBF Nutrend boleh berbangga dan semakin mantap mengkonsumsi produk Nutrend dan menjalankan bisnis bersama Nutrend.

II. MANFAAT YANG DIPEROLEH DENGAN PAMERAN
Manfaat yang diperoleh dalam acara di Pekan Raya Jakarta ini, dapat melabungkan produk-produk dari PT SIDO MUNCUL. Dari produk lama maupun produk baru. Masyarakat semakin mempercayai atas dedikasi PT SIDOMUNCUL dengan produk-produknya.
PT SIDO MUNCUL juga berharap dengan mengadakan pameran di Pekan Raya Jakarta 2012, PT SIDO MUNCUL dapat terus berjaya dan masyarakat Indonesia tetap setia menggunakan produk-produk dari PT SIDO MUNCUL. Citra positif PT SIDO MUNCUL akan tertanam di pikiran warga yang datang ke PRJ.

III. KONSEP PAMERAN
PT Sido Muncul adalah pabrik jamu tradisional dengan menggunakan mesin-mesin mutakhir. Berdiri pada tahun 1940 di Yogyakarta, dan dikelola oleh Ny. Rahkmat Sulistio, Sido Muncul yang semula berupa industri rumahan ini secara perlahan berkembang menjadi perusahaan besar dan terkenal seperti sekarang ini.


Konsep yang digunakan oleh PT SIDO MUNCUL di pameran PRJ Jakarta adalah memamerkan produk PT SIDO MUNCUL yang menggunakan bahan-bahan alami dari Indonesia, bahwa Indonesia kaya akan kekayaan alamnya terlebih pada apotik hidup yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Pada intinya PT SIDO MUNCUL cinta akan Indonesia. Produk-produk SIDO MUNCUL juga digunakan oleh warga diluar Indonesia, semoga orang luar mengetahui bahwa PT SIDO MUNCUL asli Indonesia.
Pameran kami, di desain lebih ramai dengan menampilkan produk-produknya agar konsumen tertarik untuk datang ke stan SIDO MUNCUL.

IV. BAGAIMANA PELAKSANAANNYA
      Pelaksanaanya di lakukan pada tanggal 14 Juni 2012 sesuai pembukaan Pekan Raya Jakarta yang bertempat di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Stan PT SIDO MUNCUL berada di outdoor. Di dalam stan, kami menampilkan berbagai produk dari SIDO MUNCUL seperti kuku bima, alang-alang sari, kopi jahe, susu jahe, jamu tolak angin, permen tolak angin, dll.
PT SIDO MUNCUL juga mngadakan lowongan kerja untuk menjadi SPG di PRJ, dalam penerimaan karyawan tersebut kami mengadakan 3 kali seleksi dalam waktu 1 bulan. Pelaksanaannya berjalan lancar dan SPG kami pun dituntut untuk bersikap ramah kepada para konsumen.
Pelaksanaan di stan SIDO MUNCUL juga sesuai tema PRJ 2012 “Majulah Jakartaku”, jadi PT SIDO MUNCUL juga ingin menggapai kemajuan perusahaannya. Dalam pemasaran tentunya perlu dimbangi oleh reputasi perusahaan maupun produk yang bagus. PT. Sido Muncul ternyata tidak melupakan hal ini. Presiden Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat datang saat pembukaan stan  perdana di Pekan Raya Jakarta.

V. BAGAIMANA PENGATURAN ANGGARANYA
Dalam pengaturan anggarannya sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan perusahaan. Seperti biaya untuk produksi, distribusi, biaya sewa stand Dan biaya untuk SPG.
Hal ini dapat diseimbangkan dengan pemasukan yang ada dala penjualan produk-produk tersebut.

VI. TUJUAN YANG INGIN DICAPAI DALAM PAMERAN PRJ 2012
Tujuan yang ingin di capai oleh PT SIDO MUNCUL dalam pameran Pekan Raya Jakarta 2012 adalah mempromosikan dan selling produk-produk yang ada. Dan meningkatan produk Sido Muncul, kami juga ingin membuat citra positif di dalam ruang lingkup masyarakat. PT. Jamu Sido Muncul selain mengunakan media iklan juga menggunakan strategi Promosi Penjualan (Sales Promotion). Sales promotion yang merupakan kegiatan untuk membujuk secara langsung yang menawarkan insentif atau nilai lebih untuk suatu produk pada sales force, distributor atau konsumen langsung dengan tujuan utama yaitu menciptakan penjualan yang segera. Promosi penjualan digunakan untuk menjaring konsumen baru dan terciptanya penjualan yang meningkat dalam waktu dekat. Hal ini juga merupakan proses yang dilakukan di stan SIDO MUNCUL.
Visi dari PT SIDO MUNCUL adalah menjadi industri jamu yang dapat memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungan.
Misi dari PT SIDO MUNCUL adalah meningkatkan mutu pelayanan di bidang herbal tradisional, mengembangkan research /penelitian yang berhubungan dengan pengembangan pengobatan dengan bahan-bahan alami. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membina kesehatan melalui pola hidup sehat, pemakaian bahan-bahan alami, dan pengobatan secara tradisional. Ikut mendorong pemerintah/instansi resmi agar lebih berperan dalam pengembangan pengobatan tradisional.

VII. KESIMPULAN
PT Sido Muncul adalah pabrik jamu tradisional dengan menggunakan mesin-mesin mutakhir. Berdiri pada tahun 1940 di Yogyakarta, dan dikelola oleh Ny. Rahkmat Sulistio, Sido Muncul yang semula berupa industri rumahan ini secara perlahan berkembang menjadi perusahaan besar dan terkenal seperti sekarang ini.
PT Sido Muncul kembali berpartisipasi dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-485  Jakarta di Arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran. Sebagai produsen jamu, makanan dan minuman, kehadiran Sido Muncul ini merupakan kali keenam belas dalam acara tahunan ini.
Sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya, stan pameran Sido Muncul merupakan salah satu tempat favorit para pengunjung. Di tempat itu, berbagai produk unggulan seperti Tolak Angin, Kuku Bima Energi dan produk terbaru C1000 ditawarkan dengan harga ekonomis.
Tujuan yang ingin di capai oleh PT SIDO MUNCUL dalam pameran Pekan Raya Jakarta 2012 adalah mempromosikan dan selling produk-produk yang ada. Dan meningkatan produk Sido Muncul, kami juga ingin membuat citra positif di dalam ruang lingkup masyarakat.
PT SIDO MUNCUL juga berharap dengan mengadakan pameran di Pekan Raya Jakarta 2012, PT SIDO MUNCUL dapat terus berjaya dan masyarakat Indonesia tetap setia menggunakan produk-produk dari PT SIDO MUNCUL. Citra positif PT SIDO MUNCUL akan tertanam di pikiran warga yang datang ke PRJ.

                  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar